Madrasah Afrika

Yayasan Golden Future

Akun terverifikasi

Donasi

Rp 26.007.657

350 Donatur

LANJUTKAN DONASI
Bantu Bangunkan Madrasah yang Layak untuk Anak - Anak Afrika

Banyak sekali problem berat yang harus dihadapi oleh warga Uganda yang disebut termasuk negara ketiga, salah satunya pendidikan. Tingkat putus sekolah di sana sangatlah tinggi. Banyak anak tidak menyelesaikan sekolah mereka atau tidak memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk berhasil dalam kehidupan. Hanya 1 dari 4 anak yang mulai sekolah dasar berhasil sampai ke sekolah menengah. Kurang dari setengah (40 persen) siswa melek huruf di akhir sekolah dasar (data resmi UNICEF)

Pendidikan agama Islam juga bernasib sama dengan pendidika Uganda secara umum. Pesatnya perkembangan jumlah pemeluk islam tidak diimbangi dengan jumlah fasilitas pendidikan yang menjaga keislaman mereka. Sehingga masih sangat banyak kaum muslimin yang belum bisa membaca alquran dan memahami ajaran islam meski hanya tingkat dasar.

Tim kami diajak untuk ke madrasah diniyyah / sekolah islam di Uganda. Di madrasah ini terdapat puluhan siswa. Salah satu murid istimewa adalah Ismail, karena ia adalah seorang yang baru saja memeluk islam bersama keluarganya. Di madrasah ini Ismail belajar tentang islam mulai dari membaca alquran, aqidah dan tata cara ibadah sehari-hari. MasyaAllah Tabaraka wa Ta’ala.

Madrasah ini begitu sederhana dengan bangunan berdinding bata dan semen tanpa cat. Berbangku kayu papan yang mengusam. Tapi yang menyedihkan hati adalah banyak modul belajar termasuk mushaf yang rusak dan koyak. Dan hal ini mereka jalani bertahun-tahun.

Sebagai informasi tambahan, agama Islam menjadi agama minoritas dengan persentase sebanyak 14 %. Secara ringkas Islam masuk ke Uganda sekitar medio 1844. Kelompok muslim pertama yang datang adalah para pedagang dari Oman yang masuk melalui pantai timur Afrika. Rektor Universitas Islam Uganda, Ahmad Kawesa Sengendo, ungkap dia seperti dikutip situs berita arabnews (2012).

Di Uganda agama Islam mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini Juru Bicara Dewan Tertinggi Muslim Uganda, Ashraf Muvawala dikutip di Anadolu Agency, Ahad (5/9-2021), “Populasi Muslim di negara ini sedang meningkat. Karenanya, ada kebutuhan untuk membangun lebih banyak masjid baru.”

Yuk kita bantu kaum muslimin Uganda menguatkan mereka dengan membantu pendidikan mereka termasuk pendidikan islamnya.

Note: Himpunan sedekah akan disalurkan sesuai akadnya beserta segala kebutuhan operasionalnya.