Winter Project Rohingya

Yayasan Golden Future

Akun terverifikasi

Donasi

Rp 28.437.128

387 Donatur

LANJUTKAN DONASI
Mari Hangatkan Saudara Kita di Rohingya

Bulan Agustus 2017 menjadi hari kelabu bagi bangsa Rohingnya. Dengan tiba-tiba pasukan militer Myanmar melakukan serangan bersenjata. Jasad-jasad bergelimpangan tak bernyawa tak pandang usia, dari anak-anak balita hingga kakek renta. Rumah-rumah hangus berkobar dilalap api. Ratusan ribu orang berlari menyelamatkan diri memasuki hutan kemudiam menyeberang selat Bengal menuju Bangladesh mencari suaka. Tidak semua selamat, karena ada sebagia mereka yang mati tenggelam. Hingga PBB memberikan gambaran bangsa Rohingya dengan untaian kalimat “The most persecuted minority in the world, Kaum minoritas paling teraniaya di dunia.”

Rohingya adalah nama suku bangsa minoritas beragama islam yang tinggal di wilayah Arakan Myanmar-dulu dikenal dengan Burma. Mereka tinggal di sana dari generasi ke generasi. Namun keberadaan mereka tidak diakui oleh pemerintah Myanmar. Sejak tahun 1982 pemerintah Myanmar tidak memberikan kewarganegaraan kepada bangsa Rohingya. Hal ini menjadikan mereka sebagai populasi tanpa kewarganegaraan terbesar di dunia. Karena hal ini mereka kehilangan banyak hak dasar dan mengalami penindasan di berbagai sisi kehidupan.

Saat ini bangsa Rohingnya berdiaspora di berbagai negara sebagai pengungsi antara lain: Bangladesh ada 1,3 juta orang, Pakistan 500.000 orang, Arab Saudi 190.000, Malaysia 150.000 orang, Uni Emirat Arab 50.000, India 40.000 orang, Amerika Serikat 12.000 orang, Thailand 5000 orang, dan di beberapa negara lainnya dengan jumlah yang lebih sedikit.

Dari tahun 2017 hingga saat ini Tim kami telah melaksanakan program bantuan rutin kemanusiaan untuk para pengungsi Rohingya yang berada Cox Bazzar perbatasan Bangladesh Myanmar. Ditaksir ada 1,3 juta pengungsi Rohingya di Bangladesh. Keberadaa pengungsi Rohingya menjadi beban yang begitu berat bagi pemerintah Bangladesh yang tingkat kemiskinan warganya yang juga terhitung tinggi.

Yang bisa kita lakukan untuk membantu saudara-saudara kita para pengungsi Rohingya:

  1. Berdoa kepada Allah agar musibah yang menimpa mereka terangkat dan bisa kembali ke kampung halamannya dengan aman.
  2. Menyebarkan berita tentang kondisi mereka kepada saudara dan sahabat agar semakin banyak tahu dan penduli
  3. Menyisihkan sebagian harta untuk berdonasi kepada mereka melalui lembaga kemanusiaan yang amanah dan punya program di sana.

Beberapa Dokumentasi Distribusi Bantuan untuk Saudara kita di Rohingya



Note: Himpunan sedekah akan disalurkan sesuai akadnya beserta segala kebutuhan operasionalnya.